Parent Training dan Manajemen Stress pada Kesehatan Jiwa Caregiver yang Merawat Anak Pekerja Migran

Authors

  • Kurniawan Erman Wicaksono STIKES Maharani Malang, Indonesia
  • Mizam Ari Kurniyanti STIKES Widyagama Husada, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33006/jikes.v7i1.603

Abstract

Abstrak

Permasalahan psikologis anak yang ditinggal orangtuanya menjadi pekerja migran Indonesia yaitu masalah psikososial hingga masalah perkembangan dan pertumbuhan anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis parent training dan manajemen stress terhadap kesehatan jiwa caregiver merawat anak yang ditinggal orangtua pekerja migran Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment yang terbagi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan pemberian intervensi parent training dan manajemen stress. Jumlah responden 100 caregiver yang tersebar di wilayah kerja Puskesmas Pamotan dengan kriteria caregiver mengasuh anak yang ditinggal orangtua menjadi pekerja migran Indonesia, caregiver sudah merawat anak pekerja tiga tahun, dan caregiver mengalami masalah kesehatan. Teknik sampling yang digunakan secara non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan mengukur kesehatan jiwa caregiver yang mengasuh anak ditinggal orang tua menjadi pekerja migran Indonesia adalah parental stress scale (PSS). Data hasil penelitian diuji menggunakan uji t berpasangan untuk mengetahui perbedaan rerata skor kesehatan jiwa caregiver pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Data hasil uji t berpasangan menunjukkan adanya perbedaan bermakna skor kesehatan jiwa caregiver antara kelompok intervensi dan kontrol dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Parent training dan manajemen stress memiliki pengaruh terhadap kesehatan jiwa caregiver dalam merawat anak pekerja migran.

Kata Kunci: parent training, manajemen stress, caregiver, migran

Abstract

The psychological problems of children whose parents have become Indonesian migrant workers range from psychosocial issues to problems of child development and growth. The purpose of this study was to analyze parent training and stress management on the mental health of caregivers caring for children left behind by the parents of Indonesian migrant workers. The research method used a quasi-experiment  into two groups, namely the control and the Intervention Group By Providing Parent Training Interventions And Stress Management. Respondents Of This Study was 100 caregivers with the criteria of caregivers taking care of children left by their parents to become Indonesian migrant workers, have cared for three-year-old working children, and experiencing health problems. The sampling technique used non-probability sampling with a purposive sampling technique. The measuring tool used to the mental health of caregivers is the parental stress scale (PSS). Result of this study used the paired t-test showed that was a significant difference in caregiver mental health scores between the intervention and control groups with p=0.000 (p<0.05). Parent training and stress management have an influence on the mental health of caregivers in caring for children of migrant workers.

Keywords: parent training, stress management, caregivers, migrants

References

Andromeda. (2018). Stress Management Training : Strategi Pengelolaan Stres Pengasuhan Untuk Orang Tua Yang Memiliki Anak Difabel. Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah, 3(3), 5–6.

Arabiat, D., Whitehead, L., Foster, M., Shields, L., & Harris, L. (2018). Parents’ experiences of Family Centred Care practices. Journal of Pediatric Nursing, 42, 39–44. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2018.06.012

Badan Pusat Statistik. (2018). Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia.

Bearss, K., Burrell, T. L., Stewart, L., & Scahill, L. (2015). Parent Training in Autism Spectrum Disorder: What’s in a Name? Clinical Child and Family Psychology Review, 18(2), 170–182. https://doi.org/10.1007/s10567-015-0179-5

Bonis, S. (2016). Stress and Parents of Children with Autism: A Review of Literature. Issues in Mental Health Nursing, 37(3), 153–163. https://doi.org/10.3109/01612840.2015.1116030

De La Cuesta-Benjumea, C., & Roe, B. (2014). The experience of family care-givers and migrant paid care-givers’ relief of burden: A contrasted qualitative analysis. Ageing and Society, 34(7), 1219–1242. https://doi.org/10.1017/S0144686X13000044

Forgatch, M. S., & Kjøbli, J. (2016). Parent Management Training—Oregon Model: Adapting Intervention with Rigorous Research. Family Process, 55(3), 500–513. https://doi.org/10.1111/famp.12224

Gandeswari, K., Husodo, B. T., & Shaluhiyah, Z. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Orangtua Dalam Memberikan Pendidikan Seks Usia Dini Pada Anak Pra Sekolah Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 398–405. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm%0A

Graessel, E., Berth, H., Lichte, T., & Grau, H. (2014). Subjective caregiver burden: Validity of the 10-item short version of the Burden Scale for Family Caregivers BSFC-s. BMC Geriatrics, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/1471-2318-14-23

Hanum, F., Meliala, A., & Kusumaratna, R. K. (2020). Pengaruh Metode Manajemen Stres Dengan Intervensi Stress Management of Music Intervention Impact on Children Anxiety. 23(01), 7–14. https://jurnal.ugm.ac.id/jmpk

Hayes, S. A., & Watson, S. L. (2013). The impact of parenting stress: A meta-analysis of studies comparing the experience of parenting stress in parents of children with and without autism spectrum disorder. Journal of Autism and Developmental Disorders, 43(3), 629–642. https://doi.org/10.1007/s10803-012-1604-y

Lindo, E. J., Kliemann, K. R., Combes, B. H., & Frank, J. (2016). Managing Stress Levels of Parents of Children with Developmental Disabilities: A Meta-Analytic Review of Interventions. Family Relations, 65(1), 207–224. https://doi.org/10.1111/fare.12185

Prayitno, G., Matsushima, K., Jeong, H., & Kobayashi, K. (2014). Social Capital and Migration in Rural Area Development. Procedia Environmental Sciences, 20, 543–552. https://doi.org/10.1016/j.proenv.2014.03.067

Salma Rozana, Nurhalima Tambunan, M. (2019). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Fakultas Agama Islam Dan Humaniora Universitas Pembangunan Panca Budi, 2(1), 36–50.

Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang Tua dan Pola Asuh Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 95–106. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.95

Sonia, G., & Apsari, N. C. (2020). Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.27453

Sumanti, V., Widarsa, I. K. T., & Duarsa, D. P. (2013). Faktor yang berhubungan dengan partisipasi orang tua dalam perawatan kesehatan gigi anak di Puskesmas Tegallalang I. Public Health and Preventive Medicine Archive, 1(1), 35–39. https://doi.org/10.15562/phpma.v1i1.156

Suryadi, S. (2017). Perlindungan Anak Buruh Migran di Kabupaten Cirebon (Analisis Terhadap Konsep Dampak Anak yang Ditinggalkan). Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 2(1). https://doi.org/10.24235/empower.v2i1.1647

Taufik, A. I. (2014). Peran Asean Dan Negara Anggota Asean Terhadap Perlindungan Pekerja Migran. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 3(2), 255. https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v3i2.43

Zelman, J. J., & Ferro, M. A. (2018). The Parental Stress Scale: Psychometric Properties in Families of Children With Chronic Health Conditions. Family Relations, 67(2), 240–252. https://doi.org/10.1111/fare.12306

Downloads

Published

2023-08-24

Citation Check