Efektifitas Edukatif Supportif terhadap Self Efficacy Ibu Post Partum dalam Pemberian Asi Ekslusif

Authors

  • Mariani Universitas Hafshawaty Zainul Hasan, Probolinggo, Indonesia
  • Iin Aini Isnawati Universitas Hafshawaty Zainul Hasan, Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33006/ji-kes.v9i1.930

Abstract

Abstrak

Pemberian Air susu ibu (ASI) eksklusif merupakan salah satu bagian dari program prioritas kesehatan di Indonesia. Pemberian ASI eksklusif adalah pemberian ASI sebagai sumber nutrisi satu-satunya bagi bayi sampai usia 6 bulan pertama kehidupan tanpa adanya tambahan makanan dan minuman lainnya kecuali obat. Namun, sampai saat ini masih ditemukan ibu yang tidak memberikan ASI secara eksklusif, dengan alasan ibu merasa ASInya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. Kurangnya keyakinan diri ibu menyusui juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk digali kaitannya dengan kegagalan pemberian ASI eksklusif. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas edukasi supportif terhadap self efficacy ibu post partum dalam pemberian asi eksklusif. Metode penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan menggunakan metode one-group pra-post test design, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu post partum di wilayah Puskesmas Pajarakan sejumlah 30 responden. Tehnik sampling yang digunakan yaitu total sampling sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis menggunakan uji Paired simple T-Test. Hasil menunjukan bahwa self efficacy ibu post partum dalam pemberian asi eksklusif sebelum dan sesudah diberikan edukasi suportif  menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna dimana P= 0,000 lebih kecil dari α=0,005. Sehingga edukasi supportif dapat dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan kepercayaan diri ibu dalam pemberian ASI eksklusif.

Kata kunci: edukasi supportif, self efficacy, post partum, ASI eksklusif

 

Abstract

Exclusive breastfeeding is a national health priority program in Indonesia. It refers to providing only breast milk as the sole source of nutrition for infants during the first six months of age, without additional food or drink except for medication. However, many mothers still fail to practice exclusive breastfeeding, often due to concerns about insufficient milk supply. Low maternal self-efficacy is also a key factor contributing to this problem. This study aimed to evaluate the effectiveness of supportive education on the self-efficacy of postpartum mothers in exclusive breastfeeding. A pre-experimental design with a one-group pre-test post-test approach was applied. This study population consisted of all postpartum mothers in the working area of Pajarakan Public Health Center, with 30 respondents selected through total sampling. Data were collected using a validated questionnaire and analyzed using paired sample t-test. Results showed a significant improvement in maternal self-efficacy after supportive education, with p = 0.000 (p < 0.005). These findings suggest that supportive education is effective in enhancing the confidence of postpartum mothers to practice exclusive breastfeeding. Integration of this intervention into maternal and child health services is highly recommended.

Keywords: supportive education, self-efficacy, postpartum, exclusive breastfeeding

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amini, P., Omani-Samani, R., Sepidarkish, M., Almasi-Hashiani, A., Hosseini, M., & Maroufizadeh, S. (2019). The Breastfeeding Self-Efficacy Scale-Short Form (BSES-SF): A validation study in Iranian mothers. BMC Research Notes, 12(1), 1–6.

Bandura, A. (2012). On the functional properties of perceived self-efficacy revisited. Journal of Management, 38(1), 9–44, 38(1), 9–44.

Değer, M. S., Sezerol, M. A., & Altaş, Z. M. (2023). Breastfeeding self-efficacy, personal well-being and related factors in pregnant women living in a district of Istanbul. Nutrients, 15(21), 1–10.

DiBenedetto, S. &. (2020). Motivation and social-emotional learning: Theory, research, and practice. Contemporary Educational Psychology (Vol. 60).

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. (2023). Profil Kesehatan Propinsi Jawa Timur.

Isyti’aroh, & Rafiqoh, S. (2020). Breastfeeding self-efficacy dan hubungannya dengan perilaku ibu menyusui. Jurnal Kesehatan Pena Medika, 10(2), 24–39, 10(2), 24–39.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Survei Kesehatan Indonesia. Kemenkes RI.

Lestari, P., Susanti, H., & Andriani, N. (2022). Pengaruh dukungan keluarga dan edukasi suportif terhadap keberhasilan ASI eksklusif. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 10(1), 21–28.

Loke, A. Y., & Chan, L. S. (2013). Maternal breastfeeding self-efficacy and the breastfeeding behaviors of newborns in the practice of exclusive breastfeeding. Journal of Obstetric, Gynecologic & Neonatal Nursing, 42(6), 672–684.

Nelista, Y., Keytimu, Y. M. H., & Toto, E. M. (2021). Intervensi berbasis supportive educative nursing intervention terhadap pengetahuan dan praktik pemberian makan pada ibu balita gizi kurang. Jurnal Peduli Masyarakat, 3(3), 257–266., 3(257–266).

Nisa, F., Damayanti, N., Suhariadi, F., Anggasari, Y., Dewi, F. E., Arini, D., & Rahman, F. S. (2021). Breastfeeding based on breastfeeding self-efficacy and social support in Wonokromo Surabaya. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9, 1026–1031, 6, 1026–1031.

Nursalam. (2016). Metodologi penelitian ilmu keperawatan. Salemba Medika.

Shafaei, F. S., Mirghafourvand, M., & Havizari, S. (2020). The effect of prenatal counseling on breastfeeding self-efficacy and frequency of breastfeeding problems in mothers with previous unsuccessful breastfeeding: A randomized controlled clinical trial. BMC Women’s Health, 20(1), 1–10.

Siregar, M., & Sinaga, H. T. (2020). Strategi peningkatan ASI eksklusif melalui edukasi suportif. Jurnal Gizi Dan Kesehatan Masyarakat., 12(1), 55–62.

UNICEF. (2025). Terlalu sedikit anak yang mendapat manfaat dari praktik menyusui yang direkomendasikan.

Downloads

Published

09/20/2025

How to Cite

Mariani, & Isnawati, I. A. (2025). Efektifitas Edukatif Supportif terhadap Self Efficacy Ibu Post Partum dalam Pemberian Asi Ekslusif. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 9(1), 37–43. https://doi.org/10.33006/ji-kes.v9i1.930

Citation Check